About


OLAHRAGA TARUNG DERAJAT

A. Definisi dan Riwayat Singkat Tarung Derajat

Olahraga Tarung Derajat adalah suatu seni keperkasaan diri reaksi cepat yang mempelajari dan melatih teknik, taktik dan strategi pergerakan, tangan, kepalan serta anggota tubuh lainnya secara praktis dan efektif dalam pola dan bentuk latihan bertahan menyerang, dengan kemampuan otot, otak dan nurani dalam rangka menguasai suatu pertahanan diri yang mengandung 5 (lima) unsure daya gerak yang khas yaitu : kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian dan keuletan.

Olahraga Tarung Derajat dicetuskan kepermukaan pada tanggal 18 Juli 1972 yang merupakan suatu karya cipta seorang Putra Bangsa Indonesia yaitu : Guru Haji Achmad Dradjat, Drs., yang memiliki nama julukan AA BOXER. Olahraga ini dilahirkan sebagai suatu seni ilmu beladiri yang berdiri sendiri secara mandiri dengan memiliki aliran dan wadah tersendiri, tidak berafiliasi kepada aliran lain dan organisasi beladiri lainnya, baik yang telah ada di Indonesia maupun yang berada diluar Negara Indonesia dan ditegaskan pula bahwa Olahraga Tarung Derajat tidak mengadopsi dan bukan gabungan dari beladiri-beladiri lainnya. Dan tidak juga muncul dengan sendirinya, akan tetapi memiliki asal usul riwayat dan sumber hidup pribadi yang bersumber kepada kebesaran dan keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai satu-satunya unsure pokok dan sangat berpengaruh dalam membentuk “Jati diri manusia serta Jati diri sesuatu hal lainnya” sesuai dengan kehendak-Nya.

B. Perguruan Pusat, Satuan latihan dan organisasi

Pusat Perguruan Olahraga Tarung Derajat adalah ”KAWAH DRADJAT BANDUNG” berlokasi di Jalan Antabaru V No. 2-6 Margacinta-Bandung, Jawa Barat.

Sang Guru Olahraga Tarung Derajat adalah : G.H. Achmad Dradjat, Drs.

Dalam pelaksaan pengembangan keilmuan Olahraga Tarung Derajat membentuk Satuan Latihan (SATLAT) yang didirikan diberbagai tempat dari mulai tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan, kemudian dilingkungan masyarakat lainnya.

Setiap Satuan Latihan dipimpin oleh anggota Dewan Pelatih yang ditunjuk oleh Perguruan Pusat Olahraga Tarung Derajat.

Selain Pusat Perguruan, Olahraga Tarung Derajat mempunyai induk organisasi yang berada dibawah naungan KONI PUSAT sebagai salah satu Top Organisasi atau Cabang Olahraga. Organisasi ini bernama : “Kelurga Olahraga Tarung Derajat” disingkat dengan KODRAT.